#10 Ketiadaan

By orangemitrada - 3.6.22

Anak ditinggal mati orang tua bisa disebut yatim piatu. Suami ditinggal istri menjadi duda. Istri menjadi janda. Tapi tidak pernah ada sebutan untuk orang tua yang ditinggal mati anaknya. Sudah sepekan lebih berita Eril putra dari Ridwan Kamil sang Gubernur menjadi trending karena dinyatakan hilang di sungai Aare, Bern, Swiss. Hari ini, di 3 Juni 2022 keluarga sepakat dan dengan lapang dada menyatakan bahwa Eril meninggal dunia.

Apa kabarnya Bu Atalia selaku ibu ya? Saya tidak pernah bisa membayangkan bagaimana rasanya jadi beliau. Sejak jadi ibu, mudah sekali makin "ciut" hati ini perkara anak. Manusia diuji dengan cara masing-masing. Ketabahan dan ketakwaan juga menjadi masing-masing urusan pribadi yang bersangkutan. Sungguh hanya manusia kuat yang sanggup melewat setiap ujian dengan versi terbaik dirinya dengan tetap menjunjung Allah sebagai Yang Maha Kuasa.

Memang ketiadaan adalah mutlak milik Allah, karena keberadaan pun semata-mata hanya karena-Nya. Semua di dunia ini tiada yang abadi kecuali Allah. Kita harus selalu ingat bahwa semua hanya titipan. Titipan. Dijaga sebaik mungkin ketika ada. Dilapangkan dada menerima ketika waktunya diambil kembali.

Semoga segala yang terbaik untuk setiap pembaca. Kembali diingatkan lewat kematian. Banyak bersyukur, tidak lupa banyak juga istighfar.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar